Wednesday 3 October 2012

Citizen Duane (2006)

Kuis Psikologi Remaja I




1. Jelaskan pengaruh keluarga dalam pembentukan identitas Duane Balfour ! 
   Pengaruh keluarga dalam pembentukan identitas Duane dalam film ini cukup besar. Ini terlihat dalam semua keputusan yang ia tentukan merupakan pertimbangan atas keluarganya. Pengaruh dari almarhum ayahnya yang pemberani dan percaya diri, ibunya yang cukup keras dalam mendidik Duane dan nasihat-nasihat dari paman serta adiknya yang penurut ikut menentukan baik-buruk perilakunya. Duane yang sedang dalam masa remajanya lebih memilih memberontak dari otoritas ibunya dan mendengarkan nasihat-nasihat dari pamannya yang terkadang salah ia artikan. Namun pada akhirnya, setelah ia berusaha untuk mencari identitas dirinya, khususnya setelah mencalonkan diri menjadi walikota, Duane sadar siapa ia sebenarnya dan berusaha menjalani identitas yang ia dapatkan dengan bahagia, meski cukup bertentangan dengan ambisi sebelumnya.

2. Membandingkan konsep diri Duane Balfour dan Chad Milton !
  Chad Milton adalah cucu dari salah seorang yang sangat berkuasa di daerah tempat tinggalnya, namun hal ini menjadikan Chad menjadi anak yang sombong, sok jagoan dan selalu meremehkan orang-orang yang ada di sekitarnya hanya karena ia bertubuh lebih besar dan baik dalam hal olahraga. Berbeda dengan Chad, pada awalnya Duane adalah anak yang memiliki konsep diri yang positif, ia sangat percaya diri dan pintar, namun setelah ia dikalahkan secara memalukan oleh Chad, Duane menjadi marah dan selalu berusaha untuk menjatuhkan Chad. Duane semakin berambisi untuk tidak membuat Chad berkuasa dan tidak lagi sombong hanya karena ia adalah cucu dari walikota. Duane adalah anak dengan konsep diri yang positif, khususnya dalam hal menulis dan berpidato, sehingga mencari cara untuk mengalahkan Chad dan agar ketidak-adilan yang ia rasakan dapat dihapuskan.

3. Bagaimana proses asimilasi dan akomodasi Duane Balfour sehingga dia dapat mengakomodasi proses kognitif dari gagal menjadi berhasil?
  Asimilasi adalah memasukkan informasi baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada. Pada awalnya, konsep atau kerangka kerja mental (skema) yang ada dimiliki Duane adalah bahwa ia harus menang dari orang lain, maka dari itu ketika ia dikalahkan dalam pemilihan oleh Chad Milton, ia merasa marah dan tetap harus mengalahkan Chad. Namun, setelah itu Duane memiliki asimilasi bahwa yang dapat ia lakukan bukan hanya mengalahkan Chad namun sekaligus melawan nenek Chad, Kelly Milton, yang merupakan seorang walikota. Dan yang dilakukan Duane adalah juga ikut mencalonkan diri sebagai walikota untuk melawan Kelly Milton dan satu orang kandidat lainnya. Duane dengan dibantu adiknya, Maurie, menghabiskan waktunya untuk berkampanye kepada orang-orang disekitarnya, meski perilakunya ini ditentang ibunya. Setelah proses pencalonannya sebagai walikota nya yang cukup panjang dan ia cukup berkonflik dengan beberapa orang, teutama si pacar, Duane merasa letih dan ingin berhenti melakukan hal tersebut, dan tentu saja ibunya sangat mendukung hal ini. Disinilah terjadi akomodasi, yaitu penyesuaian terhadap informasi baru, dimana ternyata ia tidak harus berambisi selalu menang dari orang lain. Menurut Duane, yang menang adalah pemenang, namun kalah bukan berarti pengecut, karena itu hanyalah sebuah kompetesi yang pasti ada menang dan kalah di dalamnya, dan ia pun hanya harus tetap hidup bahagia bersama orang-orang yang ada di sekitarnya apapun yang terjadi.

4. Jelaskan locus of control Duane Balfour!
  Locus of Control adalah persepsi individu terhadap suatu kejadian. Dan pada film Citizen Duane, si tokoh utama, Duane Balfour memiliki external locus of control. Ini terlihat dari sikap Duane yang menyalahkan orang lain dan lingkungannya ketika ia kalah dalam pemilihan ketua siswa di sekolah karena dikalahkan oleh Chad Milton. Karena itulah Duane seakan-akan menjadi berambisi untuk membaas dendam dengan melakukan berbagai cara terhadap Chad, termasuk akhirnya berusaha untuk mengalahkan Kelly Milton, nenek dari Chad Milton yang juga merupakan seorang walikota dan akan mencalonkan diri kembali pada pemilihan walikota. Duane belum menyadari internal locus of control, yaitu dengan mengevaluasi apabila kesalahan itu dikarenakan faktor dari dirinya sendiri.


"maybe you lose the game, but it doesn't mean that you are a loser"

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com