Sunday 16 July 2017

Bullying? Errrgghhh

     Baru aja baca berita di salah satu akun gosip Instagram mengenai ada anak berkebutuhan khusus dibully sama temen-temen kampusnya, miris banget liatnya sumpah! Kenapa ya bully masih ada aja di hari gini? Bully dengan ngejelek-jelekin kekurangan orang lain? itu anak yang ngebully kekurangan vitamin otak atau kebanyakan makan micin dah?? Mereka ngomongin orang seenaknya, awal-awal pasti bully secara verbal, lama-lama ke fisik deh. Itu si ABK ditarik-tarik tasnya terus diketawain rame2, direkam lewat hape dan yang lain nyengir diem aja, How can you do that? How cruel you are! Asal tau aja, kesenangan yang di dapat si pelaku apa sebanding dengan kepedihan korban bully dan keluarganya? apa sebanding dengan trauma dan gangguan mental lain yang bisa saja terjadi akibat trauma itu? Bukannya di dunia dan hidup ini akan lebih damai ya kalo kita lebih toleransi sama kekurangan orang lain? Hey, orang seperti mereka hadir tujuannya untuk bikin kita bersyukur. Mereka juga butuh kasih sayang, apa keinginan mereka untuk terlahir kayak gitu? Apa orang tuanya sengaja bikin anak yang istimewa gitu? enggak kan? BAYANGIN  dah nanti kalo nanti salah satu anggota keluarga kalian berkebutuhan khusus atau istimewa dan jadi korban bully! Sakit kan? sedih kan? harus support habis-habisan agar mereka ini bisa hilang traumanya.

     Kenapa saya begitu marah? karena saya suka sedih melihat orang yang seperti ini diperlakukan dengan tidak layak. Karena akibat yang ditimbulkan ini jangka panjang, ga kayak sakit fisik yang dikasih obat selesai. Alasan lainnya? because i was bullied before! saya bukan anak berkebutuhan khusus, tapi gatau deh saya mungkin punya tampang dan kapasitas otak yang terlihat asik untuk dibully. Meski gak se-ekstrim anak istimewa tadi, apa sakit? yap! trauma? pasti. Apa efeknya sampe sekarang? banyaaaak bangett. Ngerasa hidup saya seakan-akan hancur itu udah biasa, malu ketemu orang lain, takut keluar rumah, ngerasa gak berharga dan ga bisa bersaing dengan orang lain. Ketemu atau ngumpul dengan orang yang lidahnya "agak lepas" aja takut, joke-joke mereka yang dengan merendahkan kekurangan orang lain, atau sekalipun menggunakan kontak fisik mempermalukan orang lain di depan umum. Ada yang begitu? adaaaa, saya sudah banyak belajar kasusnya sampe lihat depan mata bahkan ngerasain yang seperti ini.

    Kenapa sih harus menggunakan kekurangan orang lain sebagai bahan buat joke? meskipun dengan teman dekat atau keluarga sendiri, it is not good at all. Kita semua pasti punya pikiran spontan tentang orang lain, tapi bukannya tugas kita ya untuk punya kontrol diri dan memilah, mana yang harus diucapkan mana yang cukup kita simpan sendiri saja. Apalagi kalo menyangkut hal-hal sensitif atau masalah orang lain. EMPATI please, bayangkan kalo kita ada di posisi itu. Bayangkan kalo kita atau saudara kita diperlakukan seperti itu.

    Apalagi sekarang mulai digalakkan bahwa mereka yang berkebutuhan khusus dan masih mampu bersekolah juga bisa ikut kuliah di kampus umum, bercampur dengan mereka yang dikategorikan 'sempurna secara fisik dan mental'. Nah bayangkan kalo masih ada aja mahasiwa yang kekurangan micin begini? suka bully? gimana gak khawatir lah itu si ABK atau keluarganya. Mereka bukannya nyaman malah cemas toh. Terus sampe kapan masyarakat khususnya anak kuliahan kita bisa berempati dan menahan diri? Please, mungkin kita ga bisa mengontrol orang lain, tapi kita bisa mulai dari mengontrol diri kita dan orang terdekat yang ada di sekitar kita. Please, Please, Please.

"Empathy is the experience of understanding another person's condition from their perspective. You place yourself in their shoes and feel what they are feeling."

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com