Sunday 16 July 2017

Celoteh setelah subuh

Minggu, 16/07/2017. 05:31 AM

      "Sahabat jadi cinta" atau "best friend turns to be lovers", meski secara resmi ga ada genre film ini, tapi entah kenapa saya suka sekali film dengan plot laki-laki dan perempuan yang sahabatan udah lamaa banget. Mungkin mereka tetangga, atau mereka teman masa kecil, bersahabat, saling jaga satu sama lain, saling sayang 'layaknya sodara', saling curhat meskipun punya pasangan masing-masing, tapi seiring waktu... ketika sudah mulai cari yang serius, mereka menyadari... why do you see so far? she or he is right infront of you!.

    "Sesungguhnya dia ada di dekatmu, lebih sekedar teman dekatmu, berhentilah mencari karena kau t'lah menemukannya"
Sepenggal lirik dari Anji, penyanyi Indonesia yang saya tiba-tiba lupa judul lagunya nya apa hehe. Atau pernah nonton film one day? kisah cinta Anne Hathway dan Jim Sturgess yang penuh liku, butuh waktu 50 tahun untuk menyadari bahwa mereka sebenarnya saling mencintai satu sama lain. atau film Love, Rosie (2014)? waah ini keren menurut saya, selain aksen inggris yang dipake dan pemainnya ganteng banget hahah, tapi peran Rosie dan Alex yang deket banget layaknya sodara, skinship intens tapi dianggap biasa aja (settingnya di inggris sih), chemistri mereka berdua yang SEHARUSNYA dari awal jadian aja, tapi jangan salaah, mereka juga melewati masa-masa harus dapat pasangan lain dulu, namun saling kecewa lalu menyadari bahwa mereka sebetulnya jatuh cinta dengan sahabat mereka sendiri. Ada lagi kayak Made of Honor, si ganteng Patrick Dempsey rela ngelawan pangeran skotlandia untuk bilang cinta ke sahabatnya yang mau nikah, dia baru sadar kalo sebenernya dia jatuh cinta setelah pasangannya mau nikah. Ada lagi nih series Jane by Design, yaitu kisah antara Jane & Billy, di awal seri mereka itu friendship goal banget. Dibilang kayak sodara ya banget, tapi si Billy baik banget, mereka struggling dengan kisah cinta masing-masing dan saling ngingetin serta support each other, mungkin saya satu-satunya penonton yang mikir dari mulai episode pertama, 'kenapa gak jadian aja sih? udah segitunya sweetnya berduaaa?' dan jeeeng jeeeng di akhir episode yang ngegantung (saya sedih huhu, season 2 ya juga di cancel hiks), Billy dan Jane nyadar kalo mereka itu saling cintaa, mereka cuma ga jujur sama diri mereka sendiri!!

      Korban film banget sih lik? sebenernya gak juga sih, justru awal mula saya suka genre film ini karena saya yang ngerasain duluan hahaha, baik cuma slightly suka-suka cinta monyet, sampe yang nyoba buat jadian deh. Apa berhasil? hmmm but its not working :( tergantung siapa yang dipacarin juga kali yaa haha. dan tergantung tingkat hubungan lagi sih, kalo cuma sekedar temen ngumpul bareng mungkin sulit untuk bertahan karena gak terlalu deket secara personal hubungannya, tapi kalo kamu punya temen cowok, baik banget, keliatan sayang, selalu support kamu no matter what, selalu ngingetin salah kamu, selalu ada buat kamu kalo mau curhat, dan selalu kooperatif kalo di ajak ketemu, udah gak tau malu lagi satu sama lain, nyambung banget diajak ngomong, udah paham gaya joke masing2, udah paham apa aja yang kamu omongin, kurang apalagi cobaaa? kenapa ga dipacarin sekalian? haha apalagi kalo sama-sama oke kan, secara penampilan mendukung, kenal dekat orang tuanya, iiiih kalo saya sih kalo ada yang begitu mending tak embat aja, daripada nanti jadi punya orang hahahha apalagi coba yang kurang? tujuan nikah cari temen hidup kan? kenapa harus lihat jauh-jauh dulu kalo di dekat kita ada cewek atau cowok berkualitas yang masih nganggur? daripada nanti malah nyakitin pasangan masing-masing kan :(

       Memang sih, sometimes friend can only stay being friend, atau bisa aja jadi kekasih. Kayak film my best friend's wedding atau kisah saya sendiri yang gagal. Namun, tau kisah nyata nih yaa, nikahnya Ayudia Bing Slamet dengan sahabat yang kini jadi suaminya, Dito? how cute kan? kalo bagi saya itu sih friendship goal banget dengan lawan jenis yang akhirnya dilamar jadi istri, dan ini yang benar-benar dinamakan 'teman hidup". Saya sih maunya juga gitu, tapi apa daya, sama cowok aja takut hahaha. Punya temen cowok pun ga bisa se-intens dan sedekat temen cewek, personal space saya sama cowok itu jauuh banget, bahkan sama pacar sendiri. Jadi kalopun suka, ya suka-suka sebulan dua bulan, habis itu the real just a friend. CUMA TEMEN dalam konsep yang sebenernya, jalan rame2 aja dan jarang, mereka ngumpul ga harus ada saya dan juga sebaliknya itu, itu juga kalo ngumpul ceweknya juga banyak. Curhat sama pasangan cowok? jarang, jarang banget, kecuali pacarnya mereka juga temen dan sahabat saya. Jalan berdua? Gak, gak pernah sama sekali. Saya undang kerumah? kalo rame-rame iyaa, itu pun jarang. Foto berdua? ngapain cobaaa, apalagi ala-ala prewedding, jalan sampingan aja jauh2an, kalo bisa ga sampingan deh, ga enak. apalagi gandeng dan peluk-peluk, ga pernah sama sekali iiih. Ngapain! Kenal sama orang tuanya? gaak, gak tau blas. Tau rumahnya aja syukur. Jadi saya mau sahabat jadi cinta sama siapa dong? yang ada sih dipacarin dulu baru jadi sahabat hahahah

     Makanya nih, baiknya saya, saya selalu menghargai kalo pasangan saya punya sahabat, saking menghargainya, saya selalu tanya, "kenapa ga jadian ama sahabatmu aja? kenapa harus nyari jauh-jauh?", dan beragam jawaban pernah saya dapatkan, ada jawaban yang masuk akal kayak, "kami cuma temen cuma kalo pas lagi kumpul rame-rame, kalo chat atau telpon berdua ga pernah sih". atau "dia itu temenan baik sama si A, jadi pas ngumpul ya kebetulan aja ada dia dan kita rame-rame kok, itu juga sebatas main uno dan ngobrolin kuliah". Atau ada juga jawaban ga rasional sama sekali seperti "kami ga pacaran soalnya ga boleh sama si A, takut mengganggu persahabatan (berarti aslinya mau kan)", atau "dia loh juga punya pacar (berarti kalo ga punya mau juga kan wkwk)", atau "kami cuma kayak sodara kok (ini ga mungkin banget, beda loh yaa lawan jenis kalo temenan itu kayak apa wkwk)". Saya udah banyak sih nemu yang awalnya sahabat-sahabat ternyata pas ditanya modusnya beda, padahal temen ngumpul bareng nih, pas sekali curhat si temen bilang kalo lagi patah hati gara2 si cowok baru aja jadian. duh! suka toh selama ini? perhatian dan ngebet pengen ngumpul selama ini karena suka toh? looooh katanya sahabat haha dan banyak lagi lah cerita2 kayak gitu.

       Kalo prinsip saya pribadi sih, ga ada yang namanya cewek sama cowok bisa temenan deket, just be a best friend, No! Kalo saya sih ga percaya yaa. Pasti minimal pernah suka dan cemburu-cemburuan, syukur-syukur kalo bisa dilupain anggep ga ada apa2 dan akhirnya jaga jarak, itu bagus. Tapi kalo makin kesini saling butuh, skinship ga normal sama temen, pembicaraan super mesra yang dianggap biasa, apa yakin itu cuma temen? yakin belum jujur saya sama diri sendiri tentang rasa apa yang sebenernya dirasain? kalo pisah, emang tahan? kalo enggak, berarti cinta kaan :) its okay sebenernya, karena setiap orang pasti punya perasaan, tapi yang bikin sedih adalah ketika kita gak bisa jaga diri, kita cari aman dengan membiarkan rasa itu tetap ada. Kita ga mau ninggalin perasaan itu, hanya karena kita belum tau emosi itu sebenernya dalam bentuk apa :(

      Ada lagi cerita nih dari calon adik ipar yang marah-marah karena adek saya sendiri masih deket dengan  mantannya dan punya temen perempuan di kampus yang sering bangunin dia tidur, sering chat pas lagi bosen dan sering minta anter jemput kalo ke kampus atau lagi ada acara. Wiih, kalo lagu lama tuh ya bilangnya, wanita mana yang tak sakit hatinya? hahha 😂😂 dan dia bingung si cowoknya ini (adek saya) sebenernya memang baik ke semua orang (termasuk cewek) atau gatau batesan berteman dengan teman laki dan teman perempuan. Ribut udah biasalah, dan tiba2 kemarin dia curhat meledak kalo sakit ati banget. Well, i feel you, dek. Memang berat kalo ada kenyataan kayak gitu. Saya awalnya gamau ikut campur sih, walopun adek sendiri, tapi saya kasian juga kalo terus-terusan gitu, Saya tau banget tipe adek saya yang temennya di kampus rata-rata cewek dan dari dulupun temen ceweknya banyak. Tapi saya sebagai kakak cuma bisa nasihatin karena saya rasa itu udah salah, terlebih inget banget mama saya yang bolak-balik menekankan batesan hubungan antara laki sama perempuan. Takut ada fitnah, takut nanti dijebak, takut ada apa-apa, apalagi kalo keluar malem, sebetulnya budaya di keluarga saya gak begitu, tau banget ngeliat ayah saya yang cueknyaaaaa minta ampun. Sering komentar tentang keakraban antar laki dan perempuan yang ga seharusnya kayak gitu. Tapi yang bagus dan alhamdulillah, ayah saya depend banget ke keluarga, apa-apa yang ditelpon istri sama anaknya, gamau banget tuh ditinggal mama saya, care dan perhatiaan banget walopun caranya suka marah-marah hehe. Mungkin posesif dan cemburuan saya nurun dari ayah saya yaah hahah mama saya yang sebenernya ga ngapa-ngapain aja kadang dinasehatin. Nah apalagi kalo ketemu atau denger cerita perempuan ama laki berteman tanpa batas atau pasangan yang affair, waaah biasa jadi 1 buku 3 jilid sendiri hahahhah. Pernah ada kejadiannya kok, dan saya manggut2 aja karena memang betul. Pada dasarnya, istri atau suami itu kan dinikahi untuk menjadi teman hidup selamanya, terus kenapa kita butuh temen lawan jenis lain lagi? apalagi teman dalam artian untuk curhat, untuk sekedar haha-hihi, temen jalan, ngeri kaaan?!.. selingkuh ya mulainya dari yang begitu2 haha intinya bergaul ada batesan lah, apalagi sama lawan jenis.

     Itu yang pengen banget saya bilangin ke adik saya sebenernya. Namanya punya relasi sewajarnya aja kan, apalagi lawan jenis itu besar banget kemungkinan untuk jadi fitnah. Gak suka sama bapaknya, anaknya difitnah, gak suka sama ibuknya, anaknya diomong-omongin, digosipin. Meskipun kita tahu yang bener, tapi ngerusak nama baik orang tua juga kan? Emang ada lik? adaaaa, banyaaak. Keluarga saya pernah dapet yang begitu. Kakak saya digosipin macem-macemlah, saya dibilang ga bisa jaga diri laah padahal saya pernah kemana siiih kalo gak sama temen cewek -_____- Yaaaa, its hurt, tapi itu fakta. Meski gitu, haters gonna be hate laaah yaaa. Belum lagi ada cerita nih, fitnahnya dari orang tua si ceweknya sendiri, anaknya dipulangin jam 11 malem eeh bapaknya mencak2 minta tanggung jawab ama si cowok, tetangga juga ikut ngompor-ngomporin, padahal mereka ga ngapa-ngapain, cuma abis jalan rame2 dan si cowok dapet tugas nganter T__T, dimulai dari omongan dan desakan tetangga, mereka dibawa ke RT, eeeeeh didesak buat dinikahin. Shock-lah si anak dua termasuk orang tuanya, tapi taulah kalo social punishment kadang memang lebih mengerikan dan lebih menyakitkan. Kita ga bisa nebak bakal terjadi apa enggak, tapi bisa berusaha dihindari kan?

      Udah saya ceritain panjang lebar ke adek saya tapi ya gituu, ngeyel ajaa, karena menurut dia ga mungkin gitu yaa, "itu kan orang lain, saya enggak", but who knows? ketika udah difitnah, terus mau gimana lagi, baru berasa sakitnya. I do feel it. Dia selalu percaya kalo "cowok itu bakal berubah pas abis nikah, mbak! tenang aja". Duuh enaknya dia ngomong gitu! Berarti cowok sekarang boleh main sebebasnya gitu yaa karena yakin banget bakal berubah nanti abis nikah? yakin? yakin banget diaa. Duh ga pernah belajar teori perilaku sih gimana susahnya orang itu berubah apalagi kalo lingkungannya masih kayak gitu. Baru mau belajar berubah abis nikah, terus berhasil berubahnya kapan? pas anak udah masuk SMA?? -___-. Dan hal lain yang mau saya omongin adalah, gak kasian sama cewekmu? ketika dia udah serahin semua waktu dan tenaganya untuk kamu, dia berusaha menahan diri utk gak haha hihi sama temen cowok yang sebenernya juga biasa aja demi jaga perasaanmu, dia rela mikirin kamu siang malem hanya untuk memastikan kamu baik-baik aja, dia jaga perilaku untuk nama baik orang tua dan nama baik kamu, eeeh kamunya bukan jaga diri malah mengumbar diri -________- rela biarin orang tua bingung nungguin kamu pulang semaleman eh kamunya main uno sambil ngopi ga jelas. Ketika orang tuamu berusaha jaga nama baik keluarganya, eeeh kamu keluar sama cewek malem-malem cuma buat jalan atau ngumpul-ngumpul kayak ga punya waktu siang atau sore aja. Situ sehat? wkwkwk saya ga cuma mau bilang buat adek saya aja sih, tapi semua yang masih seperti itu, termasuk reminder untuk diri saya. Mungkin saya juga suka khilaf keluar sama temen atau pacar sampe maghrib dan suka marah kalo disuruh pulang cepet, saya lagi ga sadar aja kayaknya pas itu hahah saya suka lupa kalo orang tua saya cemas dan cemas itu ga enak banget.

      Dek, dek, cewek mana yang tahan dan ga sakit hati lihat kamu masih deket ama mantanmu atau sahabatmu, atau cewek yang pernah kamu suka atau cewek apalah yang selalu deket-deket dan mesra ke kamu. Mungkin kamu mikir kamu bisa jaga diri untuk gak suka atau itu memang cara kamu buat jaga diri, tapi bukannya pacarmu gak percaya. Dia sayang sama kamu, dia takut kehilangan kamu, dia takut kamu tergoda sama cewek lain yang lebih cantik, lebih menarik, lebih pinter masak dan lebih pinter bergaul dengan lawan jenis. Dek, mungkin kamu ngerasa kalo kalian ga ada apa-apa, tapi dengan intensitas dan cara bergaul gitu kamu yakin ga ada apa-apa? kenapa? pacarmu banyak kekurangannya kah? kekurangannya itu bisa kamu temuin di cewek itu kah?, kamu ga sadar kalo cewek kamu udah ngorbanin semuanya dan jadikan kamu satu-satunya sahabat dan teman dalam hidupnya? karena dia udah yakin sama kamu dan pengin ngelaluin semuanya cuma sama kamu. Dia ceritain semua permasalahan pribadinya cuma sama kamu, dia rela nangis jelek cuma di depan kamu, dia berani korbanin waktunya buat kamu, masih kurang? apa? kurang cantik? itu sih masalahmu berarti yang belum bisa jadiin pasanganmu jadi yang nomer satu (kecuali sama keluarga yaa itu lain cerita).. Katanya serius kan? orang tua udah tau kan? keluarga semua udah tau kan? Jadi, kalo kamu ga bisa lepasin atau jaga diri dengan temen perempuanmu, dia bisa apa? dia mau nangis-nangis teriak kalo dia cemburu percuma aja kan? karena dek, kamu berpikir untuk diri kamu sendiri, kamu gak liat dari sudut pandang dia sebagai perempuan. Dan kamu ga pernah tahu intensi sahabat perempuan kamu itu ke kamu, dan kamu suka lupa dek, Allah itu maha membolak-balikkan hati. Kalo akhirnya kalian saling suka, pacarmu gimana? dikhianati dan diitinggal gitu aja? Kita ga pernah tau sama perasaan kita dek, kita cuma bisa jaga diri, jaga hati jangan deket-deket lawan jenis lain, karena harusnya kamu sadar, ada orang lain yang sedang jaga hati dan dirinya buat kamu. Kalo dia mau mungkin dia bisa aja kayak kamu, tapi dia ga kayak gitu, karena dia sayang kamu.

     Mungkin nanti akan ada saatnya pacarmu bakal lelah dek, dia gak bisa lagi liat kamu kayak gini. Dia bukan mau ngatur-ngatur kamu dek, tapi dia cuma pengin kamu bikin hati dia tenang dan gak mikir macem-macem. Dek, pacarmu cemburu karena dia sayang kamu. Salah banget yaa kalo kamu harus jaga pergaulan kamu dengan temen perempuanmu? Maaf dek, semua yang kamu anggep biasa itu, menurut dia gak biasa. Karena dia punya pengalaman, dia punya prinsip dan dia punya perasaan. Kamu masih ga paham itu? Kamu gak mau dengerin pemikiran dan pendapat dia? Terus nanti kalo udah nikah, kamu bakal tetep begitu? gak mau dilarang-larang istrimu? kamu ga sadar kamu udah nyakitin dia, dek? Sebelum semua terlambat, kenapa enggak kali ini kamu yang dengerin apa maunya dia, diem dan pikirin coba dilihat dari sudut pandang dia, apa kamu juga mau pacarmu punya temen lelaki yang bergaul tanpa batas dan ga ngehargain kamu? kalo memang menurutmu ga masalah, berarti ini memang masalah dia sendiri, dek. Jangan biarin dia nyakitin dirinya sendiri, lebih baik kamu lepasin dia. Karena hubungan laki-laki dan perempuan itu ga ada yang hanya sekedar teman, jika dengan intensi dan perilaku layaknya kamu dengan pasanganmu. Cowok yang baik akan gerah atau ga suka kalo ada cewek yang nempel ke dia loh, karena dia ga suka deket cewek yang seenaknya nempel-nempel sama lelaki, kamu ga ngerasa dihargain, kecuali kalo kamu justru menikmati yaa itu beda lagi hehe. simbiosis mutualisme itu mah wkwk. Begitu juga dengan cewek yang akan risih kalo ada lelaki yang asal nemplok aja gak ngehargain dia, bisa-bisa ditampol ama tuh cewek gara-gara kurang ajar gak sopan. Nah, ketika kamu ga suka dideketin atau ditempelin, itu artinya kamu sadar karena kamu harus jaga jarak meski dengan sahabat sendiri, karena ada hati lain yang harus kamu jaga, yaitu hatimu, hati keluarga dan hati pasanganmu. Namanya bergaul itu harus ada batasannya dek, ada etikanya. Jangan lupa kalau orang tua kita di rumah selalu ngajarin itu. Kita punya nilai yang kita anut di dalam keluarga dek yaa. Kalo memang ada orang lain seperti itu, mungkin memang nilai mereka berbeda dengan kita. Diam itu kan bukan berarti kita setuju, bisa jadi karena kita menghargai perbedaan nilai-nilai yang dianut dalam tiap-tiap keluarga. Tapi untuk orang yang kita sayang, kita pengin semua masalah ada jalan keluarnya kan ya? Karena ini untuk kepentingan masa depan kamu dan pasanganmu.

"Dek, kalo mbak jadi pacarmu dan punya pasangan kayak kamu, mbak bakal ngelakuin hal yang sama. Perempuan mana yang suka lelakinya mesra dengan perempuan lain, dek. Ga jadiin pasangannya sebagai yang pertama dan lebih memilih temen-temennya. Mungkin kalo masih begitu, mbak yang bakal pergi ninggalin kamu dek, karena rasanya berkorban tanpa dibalas, dan rasanya teriak tanpa didengar oleh pasangan sendiri, itu amat sangat menyakitkan. Mbak ga ngasih saran pacarmu harus ninggalin kamu, tapi kalo mbak jadi dia, mbak harus ngelakuin hal itu. Maaf."

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com