Saturday 15 July 2017

Menikah?

                                                     "Menikah.....???"
    Meskipun sekarang lagi digalakkan oleh akun-akun islami bahwa nikah muda itu gapapa, daripada macem-macem mending dihalalkan, atau jangan takut menikah karena menikah justru membuka pintu rejeki. Di satu sisi, saya setuju sih, setuju banget sebenernya, asalkan jodohmu memang udah dateng atau semua proses ta'aruf dan perkenalan udah selesai. At least, kamu udah bener-bener yakin lillahita'ala kalau he or she is the one. Orang tua setuju, misalnya sekolahmu juga udah selesai, ga ada lagi permasalahan yang mengganjal, nunggu apa lagi? segerakanlah menikah.

    Tapi, faktanya mempersiapkan pernikahan bukan hal mudah. Atau kalo kita tarik kebelakang lagi, proses menuju 'semuanya oke' itu yang terkadang bikin suka putus nyambung atau bikin ragu-ragu. Apalagi kalo kamu ikut mata kuliah psikologi keluarga dua kali pertemuan aja, bakal bikin kamu makin ragu untuk menikah dengan pasangan. Betul sekali bahwa SETELAH menikah, ga ada yang namanya tarik ulur, semuanya serba pasrahin ke Allah melebihi saat waktu masih masa perkenalan atau persiapan. Mau gak mau, suka gak suka ya hadepin aja. Toh, udah nikah kan, kalo ada hal-hal yang baru ketauan setelah menikah ya telen aja walopun pahit. Itu udah aturannya, udah kewajiban untuk menerima pasangan sahmu seperti itu. Cuma yang balik lagi, yang jadi masalah, gimana dong kalo ada perbedaan sebelum menikah? banyak jalan sebenernya, dibicarain dan dirundingin. Kalo memang masih bisa diterima kedua belah pihak, lanjutkan, tapi kalau memang ini hal yang sangat berat dan ga ada yang bisa ngalah, mungkin itu salah satu cara Allah untuk menyatakan bahwa kedua hambanya belum berjodoh. Sedih ya? Pasti.

    Contohnya yang paling sering menggagalkan hubungan serius adalah masalah prinsip. Kadang kita lupa, menilai bahwa menjalin hubungan atas dasar cinta, dirasa karena cinta semua bisa ditoleransi, tapi faktanya ada juga yang tidak. Apalagi kalau sudah menyangkut keluarga atau nilai-nilai yang dianut suatu budaya atau keluarga tertentu. Ada yang orang tuanya ga setuju, masalah kebudayaan yang beda, masalah jarak, masalah setelah nikah mau tinggal dimana, sampai ke masalah gaya hidup, dan lain-lain. Gak semua vegetarian bisa hidup dengan suami yang harus makan daging 3 jam sekali 😂 sama kayak gak semua orang jawa bisa paham kenapa orang bugis sukanya ngelarang-larang 😂 (tapi alhamdulillah orang tua saya awet sampe sekarang hahaha).

     Sama seperti orang yang percaya kalau maghrib sudah harus dirumah, tentu berbeda dengan mereka yang terbiasa main dengan teman-temannya di atas jam 8 malam. Beda juga dengan orang yang di rumahnya diajarkan untuk gak terlalu bebas bergaul dengan lawan jenis dari kecil, dengan mereka yang justru dari kecil udah ditanya "pacarnya mana kok gak dibawa kerumah". It's all about principle and value. Kedua hal ini dibentuk dari kecil di dalam sebuah keluarga yang bertujuan agar ketika si anak bergaul di lingkungannya, tentu akan tetap membawa hal-hal ini karena sudah masuk di alam bawah sadarnya. Bayangin ketika kamu terbiasa bergaul dengan lawan jenis tanpa batas, harus datang ke rumah orang yang ga ada istilah pacar-pacaran. Bukan cuma si individu yang datang ini kan yang kasihan, tapi  juga si yang didatangi dan keluarganya. Pasti mamamu gamau dong punya mantu yang terlalu strict masalah waktu dan pergaulan, pasti dianggap ngeselin deh, atau sebaliknya, mamaku juga gamau dong punya mantu kelewat bebas bergaul dengan teman lawan jenisnya.

      Atau ada contoh lain, di satu budaya kita terbiasa untuk mendahulukan orang tua, jadi orang tua ikut atur-atur sudah biasa, sedangkan si calon mantu punya prinsip kalo rumah tanggaku adalah urusanku. Orang tua boleh ikut campur asal jangan intervensi berlebihan. Kalo yang kayak gini dipaksa, waah bisa menambah daftar persengitan antara mertua dan mantu hahaha 😅 dan ini pasti berdampak pada hubungan si keluarga inti. Si anak juga mungkin merasa fine aja kalo orang tuanya ikut campur, berbeda pendapat dengan pasangannya. Dan kalo ini udah masuk ke wilayah prinsip dan value, tentu akan susah sekali untuk diubah. Perbedaan individu pada dasarnya dipengaruhi oleh hal-hal seperti ini, dan sulit untuk dilepaskan. Maka dari itu, individu terkadang cenderung untuk mencari orang atau pasangan dengan budaya yang sama, cara berpikir yang sama, tumbuh dengan pola asuh dan kecenderungan kepribadian yang sama. Apa ada berbeda tapi nikah juga? adaaa, orang tua saya begitu kok. Tapi balik lagi tergantung individunya, mau menerima atau tidak, ada yang mau ngalah atau tidak.
      Terus saya gimana dong? harus cari orang bugis? atau orang jawa? secara saya diasuh di rumah dengan budaya tersebut? hmmm sepertinya kalo budaya apa aja gak apa-apa deh. Yang penting ada hal-hal penting yang harus sama, seperti sama imannya, sama pemikiran dalam etika bekerja, sama visi dan misi dalam membangun rumah tangga dan sama dalam prinsip bergaul di dalam lingkungan sosial. Biar nanti di masa depan ga ada istilah nikah beda agama atau cara solatnya beda, biar saling mengingatkan kalo ada bau-bau menyimpang dalam urusan pekerjaan, biar nanti anak saya dan kamu gak bingung karena aturan dari orangtuanya beda-beda, atau biar nanti anak saya pas ditanya papanya kemana jawabannya bukan 'lagi keluar makan bakso sama tante ini", atau "lagi keluar sama temen-temen cowoknya tapi ga pulang-pulang tuh dari malem" 😂😂😂. Iiih kalo saya sih ogah yang begitu 😅😅 Makan ati cyiiin. Tapi, sekali lagi, balik ke pribadi masing-masing sih. Menurut saya, ada hal yang bisa ditoleransi, namun ada juga yang tidak. Keliatannya saya egois ya? sebenernya enggak kok, itu hanya beberapa hal dari begitu banyak perbedaan yang dimiliki oleh manusia yang ingin saya samakan dengan diri saya. Yaa anggap aja seperti kriteria cowok idaman kan hahaha 😁😁. As simple as that.


"Namanya juga proses pencarian kan. Sampe nemu yang pas buat diajak ke pelaminan pasti ngelewatin banyak hal. Asal tau diri aja, kalo udah nemu yang pas ya jangan curang atau berkhianat. Setia itu hal yang utama. Saling jaga diri dan jaga hati. Kalo semua udah dirasa pas, segera halalkan deh hahaha".

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com