Tuesday 18 July 2017

Exploring My Identity

Pernah denger istilah orang yang dewasanya 'telat'? Mungkin saya salah satu yang suka bilang gitu ke orang lain. Gak berniat ngejudge sih, tapi ternyata gak bisa digeneralisasikan juga ke satu orang. Maksudnya, aspek kehidupan itukan banyak, menurut pak bos Bronfrenbrenner juga aspek manusia itu meliputi microsistem, makrosistem dan lain sebagainya itu, jadi mungkin aja karena ada stimulasi yang berbeda-beda untuk tiap-tiap aspek itu akhirnya menjadikan seseorang 'matang' tidak secara menyeluruh. Ada orang yang secara pengalaman karir gak usah diragukan, udah paham semua seluk beluk tentang pekerjaan, tapi di masalah asmara dia nol besar. Sebaliknya, ada orang yang udah makan asam garam masalah percintaan, sampe saking bijaknya udah ga ngurusin lagi nih, tapi mungkin di masalah karir atau keluarganya ga sehebat bagaimana dia menghadapi urusan lawan jenis. Intinya kalo dilihat dari kasus-kasus tertentu, kematangan itu beda di tiap-tiap aspek lah, balik lagi berdasarkan pengalaman dan proses belajar si individu.

Nah, kali ini saya mau cerita tentang diri saya sendiri, karena saya ga berani ngejudge orang jadi saya mau cerita tentang saya aja hehe. Saya gak mau bilang kalo saya sudah jadi 'dewasa' atau 'matang' dalam segala aspek sih, tapi ada perubahan yang saya rasain, kayak mengenai cara berteman (pernah saya tulis sebelumnya) ketika saya bisa legowo ketika ga harus memaksakan ngumpul dengan temen-temen yang makin sibuk, atau cara saya mengadapi patah hati, ga ada air mata sama sekali, berbeda dibanding beberapa tahun lalu waktu jaman abege. Faktanya, i'm proud of my self loh. Kadang memang ya kita yang ngerasain perubahan dalam hidup kita, kita sendiri yang sadar dan akhirnya kita paham aspek mana saja yang sukses kita capai kedewasaannya. Tapi, masih ada aja yang mengganjal sih dalam diri saya, tentang hal yang selalu saya tulis dalam tulisan mengenai analisis dari dalam beberapa tugas mata kuliah. Fyi, basic pendidikan saya psikologi, jadi tugas analisis dari atau curhat ini udah sering banget yaa saya kerjain. Yang anak jurusan lain jangan bingung -______-

Singkat cerita, permasalahan yang masih bikin saya greget adalah masalah identitas diri. Tentang siapa diri kita sebenernya,  minat dan bakat kita dimana, kita mau ngapain ke depannya, diri kita sebenernya ini kayak apa sehingga nanti bisa cari relasi yang seperti apa, dan banyak lagi. Namanya aja identitas, kalo gak ditemuin, akhirnya malah bingung kan? Normalnya,  menurut pakde Erik Erikson, masa pencarian identitas ini mulai pada saat remaja awal dan seharusnya berakhir pada masa remaja akhir, dengan tujuan individu yang memasuki tahapan perkembangan masa dewasa awal sudah bisa menentukan apa yang ingin dia lakukan dan dapat menemukan potensi dalam dirinya dalam rangka memenuhi tahapan perkembangan yang semakin rumit, seperti karir, pernikahan, membangun generasi selanjutnya, wisdom dll. Tahap perkembangan yang satu tentu sangat mempengaruhi tahap perkembangan selanjutnya, jika ada yang belum selesai atau gagal di bentuk, maka proses di tahap selanjutnya juga sangat beresiko tinggi untuk terjadi penyimpangan pekembangan. Contohnya, anak yang tumbuh dengan tidak memiliki kepercayaan dari orang tuanya akan menjadi remaja yang tidak percaya diri dan bergantung pada orang lain. Atau remaja yang tidak terbiasa mengambil keputusan sendiri, tentu akan jadi individu yang tidak tegas dan plin-plan saat dewasa. Pada dasarnya, sukses dalam tahap perkembangan secara keseluruhan amat sulit untuk dicapai, namun paling tidak tahapan ini harus dimulai sesuai dengan usia kronologis si individu. Jangan sampai individu di masa dewasa awal malah baru mulai merasakan tahap perkembangan remaja di usianya. Kasian sih, karena tentu akan berpengaruh dengan mental age juga kan kalo begitu.

Balik lagi ke saya, daripada sok berteori kan, untuk bilang kalo tahap perkembangan saya telat, susah juga sih, tapi memang tahap eksplorasi identitas saya yang terbilang sedikit terlambat. Jadi anak yang selalu berusaha ada di zona nyaman kadang juga ga begitu baik. Tapi dengan menyadari ini, akhirnya saya bisa mulai mengeksplor sedikit demi sedikit tentang siapa saya sebenarnya dan apa yang benar-benar saya inginkan. At least, saya bisa mempersingkat waktu selama sekian bulan untuk menggantikan masa-masa remaja mulai dari jaman SMP hingga pertengahan kuliah kemarin yang bisa dibilang tidak digunakan secara maksimal. Bukan hal besar sih, karena saya juga tau diri untuk gak ngerepotin dan bikin khawatir orang lain, khususnya orang tua. Ga enak juga kalo nanti ada omongan 'si ulik udah dewasa tapi kelakuannya masih kayak anak SMA'  kan jadi lucu hehehe

My first personal trip jadi salah satu yang the best sih sebenernya menurut saya, ke depok serba sendirian, urus-urus berkas cuti yang berasal dari keputusan saya sendiri, di penginapan dan jalan-jalan serba sendirian jadi pengalaman yang amat berharga buat saya. Maklum nih, biasanya kemana-mana selalu ada ekornya, emak bapak saya haha 😅 Terus akhirnya bisa bebas potong rambut super pendek, cat warna ungu walopun jadinya akhirnya kemerahan ga jelas haha, ngacir nonton dan ke salon sendirian dengan transportasi umum, naik KRL sendiri ngunjungin rumah temen di ujung sono, menikmati berenang sendirian, ngobrol dengan orang baru, nyoba menu masakan baru yang tujuannya untuk dimakan sendiri, ngobrol dengan wakil dekan yang awalnya saya takut banget, konsultasi ke psikolog, dll. Yang paling ekstrim sih nyoba makan sendirian di restoran saat orang lagi rame jam makan siang! awalnya takut-takut sih, atau buat sebagian orang itu biasa banget. Tapi buat saya, ini cara bagaimana saya bisa percaya dengan diri saya sendiri, saya bisa merencanakan sesuatu dan menentukan keputusan untuk diri saya sendiri tanpa bantuan atau pengaruh dari orang lain. Hal yang paling saya banggakan adalah, akhirnya saya gak takut sendirian tuh! Saya ga kesepian-kesepian amat. Jadiii, jadwal eksplorasi saya selanjutnya mungkin ikut open trip, jalan sama orang yang ga saya kenal sama sekali, mulai bangun relasi, jangan takut sama orang lain, mulai buka diri. Nanti selanjutnya baru deh solo trip! kalo bener-bener udah dapet keberanian dan restu dari orang tua sih hehe. Eksplorasi identitas dalam waktu singkat yang saya sediain di sela-sela studi mungkin memang udah direncanain sama yang di atas kali yaa. Biar saya ga penasaran lagi sama hidup, dikasih sekarang karena memang orang tua udah lebih percaya dan saya juga lebih dewasa secara usia. hmmm, memang semua ada hikmahnya kok, pasti-pasti!

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com