Tuesday 18 July 2017

Tempramen

Meski hari kedua saya ijin gak masuk kerja hhee, akibat pagi-pagi hujan dan masih ga bisa bikin mood membaik, tapi ada cerita lain di hari pertama yang pengin saya ceritain. Tentang temprament. Temprament dalam istilah psikologi sedikit berbeda dengan istilah awam yang sering diomongin orang. People sering bilang tempramen atau tempramental itu sejenis emosi marah yang sulit dikendalikan, misalnya 'saya orangnya agak tempramen jadi kalo ngomong harus hati-hati ya ke saya'. Padahal, kalo dalam psikologi, temprament ini merupakan bawaan lahir atau sifat dasar anak yang menentukan bagaimana dia tumbuh beradaptasi dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan dia dari mulai cara berpikir, merasa dan berperilaku. Temprament di bagi menjadi tiga, hard child, slow to warm up child dan easy child. Tempramen ini memang paling nampak pada anak-anak. Apalagi saat pertama mereka masuk ke lingkungan baru dan harus adaptasi. Dulu, saya juga agak heran kok ada anak yang bisa langsung bisa nempel sama orang baru, tapi ada juga anak yang susaah banget dideketin sama orang baru. Tapi semua pengetahuan terbuka ketika belajar psikologi anak dan belajar tentang tempramen ini.

Jadi kemarin ada gitu satu anak yang pertama kali sekolah masuk TK langsung ditinggal sama emaknya, gak ditungguin. Dia juga langsung akrab banget sama anak lain dan semua ngira kalo mereka emang temenan di rumah, ternyata yaa baru kenal setengah jam lalu dan langsung main asik banget. Ini anak jenis easy child yaaa, mereka emang gampang banget deket sama orang lain, bisa langsung adaptasi di lingkungan baru dan biasanya gampang berbaur sama orang lain dengan cepat. Beda lagi sama si anak cantik yang minggir-minggir main sendiri, mamanya nungguin di depan ruang bermain sih, dia masih malu-malu diem, ditanyain siapa namanya dieeem aja, cuma mau jawab pertanyaan dengan ngangguk atau geleng2 aja. Pas kita deketin, udah tau namanya dan ngajak dia main bareng, baru deh mulai ngomong dikit-dikit tapi suara keciiil banget. Cute banget ini anaknya sampe bikin greget hahaha. Pas dia ngerasa mulai nyaman sama guru-guru dan suasana sekolah barunya, beberapa jam kemudian udah mau ditinggal nih sama mamanya, waah saya langsung ngeh ini anak tipe slow to warm up banget. Anak tipe ini butuh waktu cukup lama untuk memperhatikan sekitarnya, apakah lingkungan bikin nyaman apa enggak, apakah ada orang lain yang bisa dia 'pegang' selama disana. Nanti kalo udah nyaman, anak akan mulai mau membuka diri dan bergaul dengan orang lain. Selanjutnya, tipe terakhir yaitu anak hard child. Ini anak-anak yang susaaah banget nempel sama orang lain selain caregiver-nya, ga ngerasa nyaman di tempat baru dan sulit adaptasi. Dia mau kalo ada emak atau caregiver yang nemenin dia biar ngerasa safe dan nyaman. Biasanya anak ini gamau ditinggal sama sekali dan cenderung punya separation anxiety atau kecemasan untuk berpisah dengan orang terdekatnya, jadi pas sekolah harus ditungguin terus nih.

Sebenernya, tempramen ini bawaan yaa, bukan turunan. Jadi, anak lahirnya dengan membawa sifat-sifat ini sebagai hasil dari proses perkembangannya di dalam kandungan. Bisa jadi beda banget sama orang tuanya atau saudara karena ini bukan turunan, tapi bawaan. Tempramen kalo saya lebih suka bilangnya adalah bonus yang diberi ke anak, gak bisa ditolak dan ditawar-tawar. Udah bawaannya itu ya ga bisa diubah, namun ini bisa diminimalisir atau dikondisikan. Parenting atau pola asuh yang tepat dibutuhkan agar tempramen pada anak ini bisa sesuai dan tidak menganggu, karena masing-masing tempramen tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Komunikasi dan attachment dari orang tua juga diperlukan agar anak bisa berfungsi secara baik di masyarakat. Selain itu, mungkin pengetahuan mengenai tempramen anak ini paling penting untuk dipelajari atau dikenali yaa, agar guru dan orang tua juga dapat memahami gaya sosialisasi masing-masing, tanpa memaksa ataupun menghakimi anak.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com