Monday 17 July 2017

Menuju 24 tahun

        Hari ini saya mulai ikut kerja magang di Taman Kanak-Kanak dekat rumah. Karena basic pendidikan saya bukan seorang tenaga pengajar atau guru, jadi saya sekedar bantu-bantu di bagian administrasi atau ikut ngasuh anak-anak saat dalam waktu bermain atau waktu makan. Yaa, itung-itung cari kegiatan lah, sekaligus latihan hahaha. Hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah, jadi anak-anak yang baru daftar ulang juga datang bersama orang tuanya. Sata itu saya sedang bermain dan berkenalan bersama beberapa anak di ruang bermain, tiba-tiba dateng nih satu anak laki-laki bersama orang tuanya, pas ketemu saya kaget dong, muka emaknya gak asing banget, familiar dan gak berubah. Setelah pikir-pikir, waaah ini temen SD saya dulu!

Saya : Mbak! Apakabar? Masih inget gak?
Mbaknya : Siapa ya?
Saya : Looh, gak inget lagi. Uli mbaak, Ulya.. anak SD 66 sekelas duluu.
Mbaknya : Ooh Ulyaaa, Ngapain disini lik? Nganter jugaa? Anakmu yang mana?
Saya : Hehehe enggak magang doang disini, bantu-bantu gurunya, cari kegiatan.
Mbaknya : Kirain, terus anaknya kemana?
Saya : Hehe belum ada mbaa (udah agak meringis)
Mbaknya : Loh, kalo nikah udah?
Saya : Duuh belum mbaak (makin meringis)
Mbaknya : Tapi calonnya udah ada kan?
Saya : Anaknya umur berapa mba yang digendong? terus yang mau masuk TK ini anak pertama? hehehe.

       Ketika orang ditanya malah balik nanya dan mengalihkan pembicaraan, itu artinya kamu ga pengen banget dibahas lagi masalah itu kan? sama kayak saya sewaktu di posisi itu. Berasa baru masuk SD eh ditanya kapan kuliah, nah kalo dalam hal ini, boro-boro anak saya masuk TK mbak, sekarang punya pasangan aja kagak hiks :"( Jadi, mulai besok kebayang dong, saya harus ngasuh anak temen SD dulu, gatau deh awal-awal rasanya malu, lebih malu daripada ketika ditanya kapan lulus kuliah 😅😅  Berasa ketinggalan jauh gitu langkahnya dari temen yang mungkin masa perkembangannya lebih duluan maju daripada saya, sedangkan saya masih gini-gini aja.

     Cerita kedua, dateng dari temen deket di SMA yang baru aja melahirkan. Horraaay dapet ponakan baru lagii, dan artinya si emaknya makin ga bisa diajak kemana-mana hihii, but it's okay, besok-besok pas ngumpul berarti makin rame karena baby nya makin banyaak, belum lagi yang hamil beranjak 6 bulan dan yang baru hamil 3 bulan masih ngantriii. Aaaak makin banyak baby, makin banyak yg digangguin hihiii. Tapi makin gigit jari juga, karena berasa anak saya kapaan bisa ikut ngumpul ya? hahaha

    Cerita ketiga datang dari direct message via instagram dari sahabat yang di depok, dia cerita bahwa dia lagi di masa-masa galau yang mau ditinggalin temen deketnya nikah haha, akhirnya dia ngerasain masa itu juga, kalo saya sih udah lewaat yaaa. Makanya dia nanyain kiat-kiat tertentu supaya gak ikutan galau, saran saya sih nikmatin aja hehe. Dan akhirnya datenglah cerita kita berdua pengen tukeran orang tua. Si temen yang di depok lagi berasa 'ditinggal nikah banget' sama sahabatnya tapi dia sedih karena emaknya gak ngedesak dia nikah sama sekali, padahal dia lagi galau abis juga kepengen nikah hahaha. Orang tua si temen ini memang masih muda, dia anak pertama dan mamanya pas nikah masih muda banget, jadi lingkungan mamanya itu punya anak yang masih baru-baru mau masuk sekolah SMP atau SD gitu. Masih jauhkaan mikirin nikah, ga ada perbandingan jugaa. Mamanya hampir lupa kalo punya anak udah mau usia 25 tahun tapi gak kunjung dikode nikah atau dicariin jodoh hahaha. Nah, kebalik sama saya, kedua orang tua saya justru menikah di usia yang matang, jadi ketika temen-temennya udah punya cucu dua atau tiga, bapak saya baru mau nikahin anak yang pertama dan sampe sekarang belum punya cucu. Akhirnya penasaranlah pengen cepet-cepet nikahin atau nyariin jodoh buat anaknya. Kakak saya udah nikah sih, tapi istrinya belum isi, jadi taulah kaan siapa yang jadi korban berikutnyaa -____- saya dong, sebagai anak kedua, dan punya adik laki yang juga sepertinya pengen nikah muda. Kalo saya sih udah di masa yang... okee usia udah mau 25 tapi udah pasrah aja kapan jodohnya dateng. Mau dilangkahin adek laki-laki saya juga ga masalah sih, toh gimana kalo jodohnya udah dateng duluan kan, mending disegerakan. Tapi makin begini, sebenernya makin gerah ditanyain atau digodain mulu, iya kalo pas kemaren ada calonnya, nah sekaraang? maaak jodohin aja maaak kalo ngebet pengen anakmu cepet nikah hahah tapi kalo gak mau juga gapapa sih, gak didesak-desak juga kayaknya bakal lebih baik dan lebih tenang kan?! hmmm

     Sebenernya, cerita kali bukan masalah saya malu karena belum nikah atau ngebet pengen nikah, tapi ini curahan hati perempuan yg sebentar lagi 24 tahun dan selalu jadi sasaran pertanyaan orang-orang. Yaaa akhirnya saya ngerasain apa yang dirasain perempuan matang yang belum kunjung menikah. Kalo memang jodohnya belum dateng, terus saya mau gimana? kalo memang yang dateng belum cocok dan belum sreg masa mau saya paksain? Saya loh gak sok cantik bu, milih-milih laki, saya malah lebih takut yang dijodohin itu yang kecewa sama saya nanti 😅😅 . Tapi hikmah yang diambil adalah.. i'm truly getting older yaaaa, ketika temen-temen saya udah jadi seorang ibu, saya masih gini-gini aja. Kayak ada satu tahapan perkembangan yang seharusnya mulai saya masuki tapi sayangnya saya belum ke arah sana sama sekali, sedangkan tahap perkembangan sebelumnya sudah saya tuntaskan dengan baik. Akhirnya? kebingungan identitas. Ini bener-bener yang dibilang hampa atau lost, bingung dengan tuntutan yang dialamatkan ke saya, tapi saya juga belum bisa memenuhi tuntutan tersebut. Solusi lain? lebih fokus ke tugas perkembangan yang lain aja sih sepertinya, misalnya yang berhubungan dengan karir atau membangun relasi. Pelan-pelan aja bikin goal lain dalam hidup, semoga nantinya orang tua juga akan mengerti bahwa semua akan menikah pada waktunya kok. Semogaaa 😂😂😂 Nah, sisanya kalo ditanya yang aneh-aneh? nyengir kuda ajaaaaa. Makanya cariin dong hahaha 😜😜

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com